Sumber gambar:

Ciletuh Geopark Festival, Jawa Barat - 15 September 2019

Festival Geopark Ciletuh akan kembali digelar pada tanggal 28 September 2018 di Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat sebagaimana tercantum dalam daftar top 100 event pariwisata nasional.

Festival Geopark Ciletuh 2018 merupakan acara yang keempat kali digelar sejak tahun 2015. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dan didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Badan Pengelola Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu.

Objek wisata Geopark Ciletuh cukup lengkap untuk kategori wisata alam, mulai dari pantai, beberapa air terjun, puncak Darma yang memiliki pemandangan indah seperti lautan, tebing, gunung dan pemandangan lainnya yang bisa pengunjung nikmati dari atas bukit. Pengunjung juga akan disuguhi pemandangan sawah yang tidak membosankan sepanjang akses ke puncak Darma. Sangat lengkap untuk mengisi hari libur di Sukabumi, terutama bagi penggemar wisata alam.

Festival Geopark Ciletuh 2018 akan diikuti oleh 200 seniman dan seniwati yang akan menampilkan kebudayaan daerah, kesenian dan kuliner khas Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang akan berkolaborasi dengan masyarakat lokal sehingga acara ini semakin seru dan semarak. Kesenian yang akan ditampilkan berupa cepet, rengkak penyadap jipeng, gondang, tutunggulan, suligar, pencak silat, dan wayang golek.

Untuk diketahui, Geopark Ciletuh menjadi satu diantara fokus pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini. Pembangunan ini dimaksudkan untuk menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara.


sumber: pedoman wisata

Komite Nasional Geopark Indonesia adalah wadah koordinasi, sinergi, dan sinkronisasi antarlembaga pemerintah dalam rangka penetapan kebijakan dan pelaksanaan pembangunan, pengelolaan, serta pembinaan dan pengawasangeopark.

Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman
Jalan M.H. Thamrin No.8, Menteng, Jakarta Pusat
DKI Jakarta 10340, Indonesia

+6221 2395 1100 ext. 1571
idgeoparks@maritim.go.id
Anggota KNGI :