Sumber gambar:

Geopark Rinjani Siap Sambut Asia Pacific Geopark Network (APGN)

Jakarta - Pertemuan geopark tingkat Asia Pasifik akan dilaksanakan September 2019. Geopark Rinjani siap menyambut event itu.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia bersama Bappenas, Kementrian LHK, Kemendikbud, Kemenpar, Kemenrian SDM mengadakan konfrensi nasional geopark. Kegiatan bernama Konfrensi Nasional 1 Geopark Indonesia, yang dilaksanakan di Gedung Bappenas, Kamis (12/7/2018).

Konfrensi ini sekaligus menjafi awal bagi konfrensi lanjutan skala internasional bernama Asia Pacific Geopark Network (APGN) Conference yang akan dilaksanakan pada September 2019. Tuan rumah dari event geopark ini adalah Global Geopark Rinjani, Mataram, Lombok.

"Kami siap menjadi tuan rumah APGN. Semuanya telah kami rembukan dan siapkan untuk event geopark ini," ujar Chairul Mahsul dalam sesi diskusi. Mahsul juga memaparkan rute-rute alternatif yang nantinya akan digunakan dan dijelajahi di kegiatan APGN. "Semuanya telah kami siapkan sampai ke rute-rute alternatif yang akan dilewati di puncak acara nanti. Pastinya rute ini melewati spot-spot cantik Geopark Rinjani," tutup Mahsul. Geopark Rinjani mendapatkan penetapan geopark nasional pada tahun 2013 dan mendapatkan pengakuan Unesco Global Geopark pada 12 April 2018.

Sumber :Detik

Komite Nasional Geopark Indonesia adalah wadah koordinasi, sinergi, dan sinkronisasi antarlembaga pemerintah dalam rangka penetapan kebijakan dan pelaksanaan pembangunan, pengelolaan, serta pembinaan dan pengawasangeopark.

Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman
Jalan M.H. Thamrin No.8, Menteng, Jakarta Pusat
DKI Jakarta 10340, Indonesia

+6221 2395 1100 ext. 1571
idgeoparks@maritim.go.id
Anggota KNGI :